Tips Cara Merawat Gitar Elektrik

Merawat Gitar Jika kamu mempunyai gitar elektrik kesayangan, sayang rasanya apabila tidak dirawat akibatnya akan cepat rusak…

sebenarnya bayak cara yang dilakukan supaya gitar elektrik anda lebih awet dan tidak mudah rusak, tapi sekarang ini saya akan memberikan sedikit tips yang pastinya akan membantu kamu…

Tips cara Merawat Gitar Elektrik yang mudah

1. Jika gitar elektrik kamu sudah selesai dipakai, kamu bisa membersihkan senarnya menggunakan kain yang halus, akan lebih bagus apabila menggunakan cairan pembersih senar, biasanya dijual ditoko-toko musik. Ini dimaksudkan supaya pada senar tidak mengalami korosi atau karat akibat lemak atau debu yang menempel.

2. Simpan gitar di tempat yang kering, artinya suhu ruangan tidak terlalu lembab. Maksudnya supaya tidak terjadi karat yang akan merusak gitar, terutama kayu, senar, dan pick up atau yang lainnya.

3. Kendorkan senar gitar. Apabila gitar tidak digunakan dalam waktu yang lama maka akan lebih baik jika senar gitar kamu kendorkan saja. Maksudnya supaya senar lebih awet dan yang terpenting posisi sudut gagang gitar tidak menekuk yang membuat jarak senar dengan gagang menjadi jauh sehingga sulit menekannya, itu juga akan berpengaruh pada settingan gitar. Jika itu terjadi kamu bisa menyettingnya kembali.

4. Simpan ditempat yang aman. Saat akan membawanya konser atau sekedar latihan, kamu bisa menyimpannya pada softcase atau hardcase supaya menghindari goresan akibat benturan dan tentunya juga dari hujan. Ini contoh gambarnya:

Contoh Softcase atau Hardcase Gitar

Mungkin hanya segitu dulu, yah walaupun tipsnya sangat simpel, ini cukup efektif loh… yang paling penting adalah gitar selalu dirawat, membuatnya tampak bersih, sayangkan udah beli mahal-mahal tapi cepat rusak. Jangan lupa juga untuk selalu mengecek gitarnya dulu sebelum naik panggung, supaya benar-benar percaya diri.

About these ads

23 thoughts on “Tips Cara Merawat Gitar Elektrik

  1. Agustiar Falahi

    sekedar nambahin gan buat memperjelas yang nomor 1 dan 3. Untuk pembersihan senar pakai CAIRAN KHUSUS UNTUK SENAR GITAR, jangan pakai minyak zaitun apalagi handbody, itu bisa merusak senar. Yang ketiga “di kendorkan JIKA TIDAK DIPAKAI DALAM WAKTU LAMA”, kalo dalam sehari minimal agan maen sekali mending gausah di kendorin, kalo tiap hari agan kendorin-kencengin-kendorin-kencengin yg ada senarnya akan cepet putus. terima kasih ya gan

    Balas
  2. Ping balik: Tips Cara Merawat Gitar Elektrik | niwancandrabagus

  3. nofal

    bang…saya punya gitar akustik electrik..nah necknya patah..jadi saya pngen ganti necknya….kira kira bisa gak ya bang :D gitarnya sih merk gillmore serinya brpa gtu..lupa..:D tolong bales ya bang :D ni alamat fb saya :D NOFAL FIRMANDHANI

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s